Shadow

Asiknya Bertani dan Beternak dari Rumah

Sumber : kemanusiaan sumbar

Reporter : Adityaputra Dewantara

Selama pandemi covid-19, banyak orang yang kehilangan pekerjaan atau dirumahkan sementara. Hal ini tentunya membuat orang yang biasanya aktivitas di luar rumah menjadi sangat bosan dan suntuk untuk selalu beraktivitas dari rumah. Eitt tenang aja, kali ini ada tips buat kamu betah di rumah. Yakni, menjadi ala-ala player game Harvest Moon dalam dunia nyata dengan beternak dan bercocok tanam.

Tak perlu repot-repot untuk beternak dan bercocok tanam di rumah aja. Salah satunya yakni dengan cara menanam kangkung secara hidroponik dan budidamber (budidaya ikan dalam ember). Bahan dan cara mempersiapkan pertanian dari rumah juga cukup mudah dan simpel. Siapkan Ember berukuran 60 liter yang diisi air, lalu gelas plastik yang tidak terpakai, arang kayu, dan tisu. Cukup simpel kan?

Nah untuk langkah yang pertama isi gelas plastik dengan arang dan buat gelas plastik melingkar di bibir ember dengan menambahkan lubang kecil di bawah gelas agar menyerap air, langkah berikutnya beri tisu dan kita semprot sedikit air agar tisu dalam keadaan lembab, selanjutnya tuangkan benih sayur kangkung ke atas tisu tersebut, terakhir, masukan bibit lele ke dalam ember. Dalam satu ember tersebut dibatasi dengan 50-100 bibit lele.

Untuk panen sayur kangkung, cukup dengan waktu 2-4 minggu saja, sedangkan untuk panen ikan lele bisa dilakukan setelah 6-8 minggu. Menarik kan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *