Shadow

Apa itu Mood Swing dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini

Mood atau suasana hati merupakan keadaan perasaan yang mewarnai kehidupan psikologis seseorang. Biasanya, mood dibagi menjadi dua jenis, yakni good mood atau suasana hati yang baik, dan bad mood atau suasana hati yang buruk. Namun, selain itu, terdapat istilah mood swing, yakni ketika suasana hati berubah-ubah dalam waktu yang cepat.

Perubahan suasana hati ini merupakan hal normal yang terjadi pada setiap manusia. Hal ini dikarenakan mood seseorang dapat bergantung pada keadaan sekitar. Seperti teman, cuaca, makanan, hingga musik. Namun, apabila perubahan suasana hati tersebut mengganggu kehidupanmu, mungkin ada yang terjadi pada dirimu.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab mood swing yang mengganggu:

  1. Kondisi Hormon

Remaja, khususnya wanita yang sedang PMS, wanit hamil, hingga wanita menopause merupakan orang yang seringkali merasakan mood swing yang berkaitan dengan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya.

  1. Gangguan Mental

Beberapa gangguan mental seperti bipolar, depresi, gangguan kepribadian ambang, hingga skizofrenia dilaporkan memiliki ciri-ciri mood swing.

  1. Ketidakseimbangan Zat Kimia Otak

Mood juga dipengaruhi oleh zat kimia yang ada di otak yang memang berfungsi untuk mempengaruhi perubahan mood, yaitu zat serotonin dan dopamin.

  1. Penyakit Tertentu

Selain penyebab di atas, beberapa penyakit medis juga dikabarkan mempengaruhi mood. Contohnya yaitu penyakit ginjal, paru-paru, penyakit jantung dan kelainan yang ada di otak.

Berkaitan dengan Mood Swing ini, terdapat beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya, yaitu:

  1. Menjalani Pola Hidup Sehat

Untuk mengatasi mood swing, kita dapat mencegahnya sendiri dengan menjalani pola hidup yang sehat dengan berolahraga, tidur yang cukup, dan makan makanan sehat.

  1. Membuat Mood Diary

Apabila mood swing sudah seringkali terjadi, alangkah baiknya kamu membuat mood diary. Ketika moodmu berubah dengan cepat, catatlah di buku harianmu beserta penyebabnya. Pelajari pola mood swing tersebut, sehingga dapat mencegah terjadinya mood swing di kedepannya.

  1. Berkonsultasi ke Psikiater atau Psikolog

Jika mood swing sudah sangat mengganggu kehidupanmu, kamu bisa pergi ke psikiater atau ke psikolog untuk berkonsultasi mengenai penyebab mood swing dan menjalani terapi.

Nah, di atas merupakan penjelasan mengenai mood swing. Apabila kamu mengalaminya, cari tahu penyebabnya kemudian atasi dengan cara yang tepat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *