Shadow

Alami Insomnia? Ini Lima Tips Sederhana untuk Mengatasinya

sumber foto: shutterstock

Reporter: Adelia Maulitania

Insomnia atau gangguan tidur pada malam hari akan sangat mengganggu bagi pengidapnya. Orang yang mengidap insomnia umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Oleh karena itu, pengidapnya tidak memiliki cukup energi yang akhirnya memengaruhi aktivitasnya sepanjang hari.

Berikut ini adalah tujuh tips sederhana untuk mengatasi insomnia.

  1. Atur Jadwal Tidur

Jadwal tidur yang berubah-ubah menjadi pemicu insomnia, karena hal tersebut mengganggu ritme sirkadian yang mengatur metabolisme tubuh dan memengaruhi siklus tidur. Pengidap insomnia dapat mengatur jadwal tidurnya, misalnya dengan tidak tidur siang atau pada waktu menjelang sore.

  1. Hindari Mengonsumsi Ini

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi sebelum tidur pada malam hari, yaitu minum terlalu banyak, mengonsumsi alkohol, makan makanan besar, dan mengonsumsi kafein. Minum terlalu banyak dapat menyebabkan Anda bangun di tengah waktu tidur untuk pergi ke kamar mandi. Mengonsumsi alkohol dan makanan besar sebelum tidur membuat lambung Anda bekerja lebih keras, sehingga mencegah Anda untuk terlelap. Begitu juga dengan mengonsumsi kafein yang akan membuat Anda terjaga.

  1. Relaksasi

Relaksasi selama 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia pada malam hari. Relaksasi tersebut bisa dilakukan dengan membaca buku, mendengar musik, melakukan peregangan ringan, meredupkan lampu, dan yang terpenting hindari membuka sosial media atau hal lain yang bisa menstimulasi otak untuk bekerja.

  1. Minum Segelas Susu

Insomnia terjadi akibat adanya gangguan pada melatonin, sehingga insomnia dapat diatasi dengan meminum segelas susu. Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia dapat diatasi.

  1. Masih Susah Tidur?

Jika masih mengalami insomnia atau susah tidur, bangkitlah dari kasur, kemudian pergi ke bagian lain dari kamar atau rumah untuk melakukan relaksasi. Biarkan lampu kamar tetap dalam keadaan redup dan tetap hindari menatap layar ponsel atau televisi. Lakukan relaksasi seperti mendengarkan musik atau bermeditasi. Selanjutnya, cobalah untuk tidur lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *