Shadow

6 Cara Cermat Untuk Mengelola Keuangan

sumber: Cermati

Reporter: M Habibur Rohman

Sudah menajdi rahasia umum bahwa mengelola keuangan bukanlah suatu hal yang mudah. Akan ada begitu banyak godaan ketika kamu menerima gaji dari hasil jerih payahmu, mulai dari liburan hingga outfit baru. Jika tidak dikelola dengan baik, hal-hal semacam ini lah yang membuat uang yang kamu peroleh dari jerih payahmu selama satu bulan akan lenyap seketika. Oleh karena itu, sangat penting untuk menahan diri dan mengelola keuangan agar kamu punya masa depan yang cerah. Persoalannya adalah, bagaimana sih mengelola keuangan yang benar? Tips berikut ini bisa kamu jadikan opsi untuk membantu mengelola keuangan kamu.

Atur Gaji yang Kamu Peroleh

Pengeluaran bulanan yang tidak terkontrol bisa disebabkan oleh anggaran bulanan yang  tidak dialokasikan. Akibatnya, semua kebutuhan baik yang primer maupun yang sifatnya sekunder bersumber dari dana utama yang kamu miliki dari gaji yang kamu peroleh setiap bulan.  Masalahnya, ketika sedang memiliki uang, keinginan untuk memiliki barang-barang yang sifatnya sekunder biasanya melonjak dan berpotensi menguras sebagian besar pendapatan kamu. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa menerapkan pola 50-30-20. Dengan pola ini, kamu bsia mengalokasikan 50% pendapatanmu untuk biaya kebutuhan yang bersifat primer seperti makan, tagihan listrik, air, internet dan lain lain.  kemudian kamu bsia mengalokasikan 20% dari pendapatan kamu untuk menabung dan investasi. Selebihnya,  yang 30% bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lain yang bersifat sekunder seperti liburan, nonton film, hobi dan lain-lain.

Miliki Dua atau Lebih Rekening

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, kamu bisa mencoba membagi pemasukan kamu ke beberapa rekening. Hal ini dapat membantu dalam memantau pengeluaran n agar lebih terkontrol.  Misalnya, rekening di bank A untuk kebutuhan dan biaya hidup sehari-hari, rekening di bank B untuk tabungan, rekening di bank C untuk hiburan dan hobi.  Dengan cara ini, pengeluaran kamu tidak hanya berasal dari satu rekening, sehingga kamu lebih mudah memantau pengeluaran kamu.

Lunasi Hutang & Tagihan

Saat menerima gaji, alokasikan pendapatan kamu untuk melunasi tagihan dan kewajiban lain seperti hutang. Hal ini sangat penting agar biaya kebutuhan sehari-hari tidak terganggu di kemudian hari.  Tentunya, yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin meminimalisir hutang dengan membayar terlebih dahulu agar kamu lebih tenang.

Menahan Diri

Menahan diri adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika kamu menerima gaji bulanan. Hal inis angat penting agar kamu tidak sembarangan mengeluarkan uang. Pertimbangkan kembali apakah barang A penting dan mendesak untuk dimiliki? Jika memang dibutuhkan, pertimbangkan juga apakah anggaran yang sudah kamu alokasikan untuk barang tersebut mencukupi sehingga tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari.

Evaluasi

Evaluasi juga sangat penting kamu lakukan untuk memantau seberapa berhasil pengelolaan keuangan yang kamu lakukan.Bandingkan antara pendapatan dan pengeluaran bulanan.  Jika yang terjadi adalah pengeluaran bulanan kamu melebihi anggaran yang sudah dialokasikan, atau bahkan justru melebihi pendapatan bulanan, artinya kamu perlu membenahi kembali tata kelola keuangan kamu.

Bijak Menggunakan Gaji

Semua tips di atas tidak akan ada artinya jika kamu tidak patuh pada pengelolaan keuangan yang telah kamu rencanakan. Bijaklah dalam memanfaatkan pendapatan sesuai dengan alokasi yang sudah kamu buat. Alokasi pengeluaran dibuat untuk membagi pendapatan ke dalam beberapa aspek dengan tujuan agar tidak mengganggu biaya utama untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kamu tidak patuh dengan sistem pembagian yang kamu buat, maka semuanya akan menjadi suatu hal yang sia-sia dan kamu tidak akan memiliki perencanaan keuangan yang sukses.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *