Shadow

4 Tips Lancar dan Cepat Mengerjakan Skripsi

Fotografer: Krisnia Rahayu

Reporter: Krisnia Rahayu

Mengerjakan skripsi atau tugas akhir merupakan salah satu puncak dalam perjalanan menjadi mahasiswa. Mahasiswa yang akan lulus masih harus menggunakan skripsi sebagai syarat lulusnya. Setelah mempelajari berbagai mata kuliah dalam perguruan tingginya mahasiswa dituntut untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Skripsi menjadi momok menakutkan bagi beberapa mahasiswa karena kesulitannya itu. Banyak rintangan dalam penyelesaian skripsi tersebut. Bagi beberapa mahasiswa skripsi merupakan bagian terberat dari perkuliahan.

1. Targetkan waktu untuk menyelesaikan 1 bab
Untuk mengira-ngira kapan skripsimu akan selesai maka buat target sangat penting. Misalnya saja kamu menentukan waktu 1 bulan untuk 1 bab. Hitunglah skripsimu 5 bab dan setiap babnya 1 bulan, maka berati dalam 5 bulan skripsimu akan selesai. Meskipun pada kenyataannya bab 4 akan lebih memakan waktu. Akan tetapi setidaknya kamu sudah merencanakan waktumu.

2. Cari pengalaman temanmu yang sudah pernah membuat skripsi dan minta bimbingannya
Cara yang tepat untuk lancar dan cepat mengerjakan skripsi adalah menanyakan pada orang yang sudah pernah membuat skripsi. Tanyakan saja mungkin pada kakak tingkatmu atau orang penelitiannya sama seperti penelitianmu. Beberapa pilihan saran dari merekalah yang bisa kamu pakai untuk menyelesaikan skripsimu. Kamu juga akan dapat memakai buku-buku yang pernah mereka gunakan untuk penelitianmu. Jangan malu untuk meminta bimbingan atau pengalaman orang lain demi terselesaikannya lancar dan cepat skripsimu.

3. Rajinlah bimbingan ke dosen pembimbingmu
Dengan kamu rajin bimbingan ke dosen pembimbingmu maka akan membantumu menyelesaikan lancar dan cepat skripsimu. Setidaknya 1 kali dalam seminggu mintalah untuk berdiskusi mengenai skripsimu dengan dosen pembimbingmu. Kamu harus mau dan bisa mengejar dosen pembimbingmu dimana dan kapanpun itu untuk berdiskusi denganmu tapi ingan usahakan 1 minggu sekali karena dosen pembimbingmu pun punya kesibukan lain. Apalagi saat kamu butuh tandatangannya. Dimana pun dosen pembimbingmu berada dan kapanpun itu kejarlah semaksimal mungkin kamu mendapatkan tanda tangannya.
Mengingat-ingat orang-orang penting untukmu
Disaat kamu merasa kamu sudah tidak sanggup lagi untuk mengerjakan skripsimu maka ingatlah orang-orang penting untukmu. Jangan lupakan dan sia-siakan kerja keras mereka. Banyak orang lain seperti teman-temanmu yang kurang beruntung tidak merasakan bangku kuliah karena beberapa hal. Jadikan hal itu semangat untukmu buat orang-orang pentiung untukmu bangga dan bahagia atas pencapaianmu yang menyelesaikan skripsi sehingga kamu bisa lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat waktunya.

Itulah 4 tips lancar dan cepat dalam mengerjakan skripsi yang bisa kamu coba. Tetap semangat, bekerja keras, dan selalu berdoa agar skripsimu lancar dan cepat selesai dan kamu pun segera lulus. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *