Shadow

4 Makanan Tradisional Khas Sumatera yang Bikin Ngiler

Reporter: M Habibur Rohman

Kekayaan budaya indonesia salah satunya bisa dibuktikan dengan beragamnya makanan tradisional yang ada di setiap daerah. Keberagaman ini tentunya menjadi nilai plus bagi dunia kuliner di Indonesia. Nah, buat kamu yang suka kulineran, tidak ada salahnya mencoba beberapa makanan khas sumatera berikut ini, di jamin bikin ngiler!

  1. Rendang
sumber: resepkoki

Makanan tradisional yang berasal dari Minangkabau ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pasalnya, makanan ini bisa dengan mudah kita temui di rumah makan padang yang di setiap kota pasti ada. Proses pembuatan rendang ternyata memakan waktu yang cukup lama, makanya tidak heran kalau rempah-rempahnya bisa meresap sampai ke dalam dagingnya. Jenis rendang pun ternyata berbeda-beda, rendang terbagi menjadi dua jenis, yaitu rendang kering dan rendang basah (kalio). Rendang kering adalah rendang yang dimasak berjam-jam lamanya sampai santan mengering dan bumbu meresap dengan sempurna, makanya tak heran kalau warana rendang ini hitam kecoklatan.  Lain halnya dengan rendang basah atau yang dikenal dengan kalio, jenis rendang ini dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santan tidak sampai mengering seperti rendang kering. Meski ada dua jenis rendang yang berbeda, dua-duanya tetap enak dan bisa kamu coba.

  1. Pempek
sumber: IDN Times

Ya, makanan yang satu ini juga sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat indonesia. pempek atau empek-empek adalah makanan tradisional dari palembang yang dibuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Penyajian pempek juga tidak lengkap tanpa kuah kecoklatan yang biasanya disebut cuka atau cuko dalam bahasa palembang. Sama seperti rendang, pempek juga memiliki berbagai jenis, diantaranya yaitu pempek kapal selam yang berisi telur ayam, pempek lenjer, pempek bulat atau yang biasa disebut ada’an, pempek kulit ikan dan pempek pistel yang berisi tumisan pepaya muda.

  1. Pindang Khas Lampung
sumber: TripAdvisor

Kata pindang mungkin sudah tidak asing di dunia kuliner indonesia. Pasalnya, olahan makanan yang berbahan dasar ikan ini juga menjadi menu tradisional andalan di beberapa daerah. Salah satu daerah yang terkenal dengan menu pindang nya adalah Provinsi Lampung.  Dalam kuliner Lampung, pindang  adalah sup atau makanan dengan kuah yang bahan baku utamanya adalah ikan, biasanya yang digunakan adalah ikan air tawar. Yang menjadikan pindang khas Lampung ini istimewa adalah cita rasa kuah yang kaya akan rempah. Lebih istimewa lagi bila dinikmati dengan sajian pelengkap yaitu sambal terasi dan tempoyak. Tempoyak sendiri merupakan olahan hasil fermentasi durian yang memiliki aroma yang menyengat serta rasa yang unik. Perpaduan pindang, sambal terasi, dan tempoyak bisa kamu coba untuk menambah wawasan kuliner nusantara.

  1. Lemang
sumber: Detik Food

Lemang adalah makanan khas melayu yang biasanya disajikan saat momen-momen tertentu seperti hari raya. Makanan tradisional yang berbahan dasar ketan ini dibuat dengan cara memasukkan ketan ke dalam gulungan daun pisang, lalu setelah diberi santan, gulungan tersebut dimasukkan ke dalam ruas bambu. Setelah dimasukkan ke dalam seruas bambu, kemudian dimasak denganc ara dibakar sampai matang.  Sajian pelengkap untuk menikmati lemang ini pun berbeda-beda di setiap daerah. Bagi yang menyukai rasa manis, lemang bisa disajikan dengan selai, atau gula merah. Selain itu lemang juga bisa dinikmati dengan berbagai lauk-pauk misalnya seperti rendang atau telur, dan yang terahir bisa juga dinikmati dengan buah-buahan, misalnya seperti durian. Yang jelas, lemang sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat.

Nah,itulah 4 makanan khas yang berasal dari sumatera, dan bisa kamu coba jika nanti berkunjung ke sumatera. Dijamin nggak nyesel dan bikin ngiler deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *