Mahasiswa Komunikasi Universitas Djuanda Menyuarakan “Through Design Lets Talk to the World”

KLIK TERUS – “Through Design Lets Talk to the World” merupakan tema yang diangkat mahasiswa Universitas Djuanda program studi Sains Komunikasi dalam Pameran Hasil Design Grafis. Tema pameran yang diselenggarakan tanggal 16 Januari 2020 di pelataran Gedung E PMB Universitas Djuanda tersebut dipilih untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa tentang global warming, mental health, sampai kasus bullying yang terjadi di media sosial yang sangat marak pada saat ini.
Isu yang paling menonjol yang dibawakan oleh karya-karya desain grafis itu adalah isu kerusakan lingkungan. Pesan moral mengenai kepedulian lingkungan disampaikan mahasiswa melalui desain dan ajakan untuk menggunakan kantung belanja menggantikan kantung plastik. Menurut Ibu Maria Fitriah S.Sos M.Si selaku Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Djuanda ini sangat baik karena mendukung program pemerintah Bogor yang sekarang sedang menyuarakan ANTIK anti kantong plastik. Ajakan mengurangi sampah plastik juga tertuang dalam ajakan penggunaan tumbler untuk mengurangi sampah botol minuman.
Karya desain lain yang menarik adalah ajakan untuk peduli pada kesehatan mental. Isu kesehatan mental belum menjadi isu yang mainstream di Indonesia. Padahal isu tersebut telah menjadi perhatian dunia. Isu-isu lain yang tidak kalah menarik adalah isu perdamaian dalam keragaman. Isu yang menjadi isu penting Indonesia terutama menghadapi era 4.0 di mana isu bullying dan penyebaran informasi yang tidak bertanggungjawab di internet merajalela. Semua itu disajikan dalam bentuk karya desain yang apik
Mahasiswa/i pun menuangkan karya design nya dengan membuat produk seperti kaos, topi, tumbler, softcase handphone, dan juga tote bag. “Hal ini mendorong Mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan apa yang mahasiswa ketahui tentang konsep design tertentu yang mahasiswa coba wujudkan dengan hal-hal yang konkrit, mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam konteks komunikasi” tutur Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Djuanda Bapak Drs. Denny Hermawan, MA. Hal ini didukung oleh Agustina M. Purnomo, SP., MSi Dosen Pengampu Mata Kuliah Komunikasi Desain Grafis sebagai pembina kegiatan ini yang menyampaikan “Media desain grafis merupakan media yang efektif menyampaikan pesan-pesan sosial karena menarik perhatian, dapat memuat pesan yang kuat tentang suatu isu namun disampaikan dengan cara yang sesuai dengan karakter anak muda yang kreatif dan inovatif”.
Kegiatan berlangsung meriah. Mahasiswa dan mahasiswi menampilkan karya desain grafis mereka dalam bentuk fashion show sehingga menarik perhatian pengunjung. Tampilan musik akustik yang ditampilkan dari dan oleh mahasiswa sendiri mendapat sambutan meriah penonton. Meriahnya acara ini juga mendapatkan semangat karena dipuji oleh Wakil Dekan 1 (satu) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik yaitu Ibu Ike Atikah Ratnamulyani S.Sos M.M yang dimana beliau katakan bahwa acara ini sungguh kreatif juga inovatif. Kegiatan yang diorganisir oleh Mahasiswa/I Sains Komunikasi Semester 5 (lima) & 7 (tujuh) yang menyebut diri mereka Komik2017 menunjukkan mahasiswa tidak hanya mampu menghasilkan karya desain grafis yang menarik dan informatif namun dapat menyampaikan karya tersebut dalam kemasan acara yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *