Shadow

Jembatan Putus Akibat Derasnya Sungai Cidurian Desa Sukamaju Kecamatan Cigudeg

Ribuan warga di empat kampung di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, sempat terisolasi menyusul jembatan utama putus diterjang banjir bandang pada Rabu (1/1/2019) pagi.

Kampung yang terisolasi akibat jembatan putus adalah Kampung Ciasahan, Nanghung, Cikaret, dan Kampung Cigowong KabupatenBogor. Hampir 24 jam mereka tidak bisa beraktivitas akibat Jembatan Ciasahan putus diterjang banjir bandang.

Kamis siang, sedikitnya 2.500 Keluarga akhirnya bisa keluar dari kampung tersebut setelah tim relawan dan masyarakat setempat membangun jembatan darurat terbuat dari bambu. Balita, anak-anak hingga lansia langsung dibawa keluar kampung tersebut. Termasuk sejumlah balita dan lansia yang sakit dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis.

Sekitar 900 kepala keluarga kurang lebih 3.000 jiwa yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor masih terdampak luapan Sungai Cidurian. .

Sejak kemarin, kata Dahyudin, ribuan warga yang berada di Kampung Ciasahan, Kampung Cikaret, dan Kampung Cigowong hanya bisa mengandalkan logistik yang mereka punya. Tempat tinggal mereka tidak bisa diakses karena jembatan terputus.

“Jadi disana itu keadaannya terkendali tapi belum kondusif, untuk aksesnya terputus tapi warga bisa menyebrang menggunakan jembatan darurat. Untuk jumlah korban masih belum bisa diperkirakan karena kita masih terus mencari jadi jumlah korban di banjir ini belum bisa dipastikan karna kita masih mencari kebenarannya. Warga setempat lebih memilih mengungsi ke rumah kerabatnya masing-masing. Para korban sangat membutuhkan donasi berupa pakaian layak pakai,sembako,Gas LPG,air bersih dan perlengkapan bayi. ” Diva Suhada Tim Reaksi Cepat Pramuka Peduli Kota Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *