Pendekar Muda Pagar Nusa, Pukau Warga Kota Tangerang di Festival Maulid

Tangerang – Atraksi pesilat Pagar Nusa memukau warga Kota Tangerang, di acara pembukaan Festival Maulid yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Gerakan Pemuda Ansor Kota Tangerang. Pesilat muda dari Pagar Nusa Kota Tangerang ini menunjukan ketangkasan bela diri, kepiawaian menggunakan senjata tajam, sampai kekuatan tenaga dalam.

“Luar biasa,” kata, Syamsudin (30), warga yang menyaksikan para pendekar muda NU tersebut menunjukan kebolehannya.

Pagar Nusa merupakan Badan Otonom di Nahdlatul Ulama. Organisasi ini didirikan pada 03 Januari 1986, di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Nama resminya adalah lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa kemudian sekarang membuang kata ikatan, menjadi Pencak Silat NU. Sedangkan Pagar Nusa sendiri berarti pagarnya NU dan bangsa.

Ketua Panitia Festival Maulid, Jajat Sudrajat mengatakan, festival maulid menjadi ajang bagi generasi muda di Kota Tangerang untuk berekspresi. Tentunya, semua kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Selain kirab Maulid, acara yang akan berlangsung hingga Minggu (10/11) ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, lomba membaca Rawi atau Riwayat Nabi, membaca Nadzom, kaligrafi, mewarnai. Panitia juga menyiapkan sejumlah hiburan dan doorprize untuk warga yang menyaksikan acara festival.
“Alhamdulillah kami melihat warga Kota Tangerang sangat antusias mengikuti acara ini,” kata dia.

Sebelumnya, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Wakil Walikota Tangerang, Sahrudin bersama ribuan warga Kota Tangerang tumpah ruah di jalan Perintis Kemerdekaan untuk mengikuti Kirab Maulid 2019. Sambil melantukan shalawat warga membawa gunungan berisi makanan khas Kota Tangerang, makanan ringan, nasi tumpeng.

Arief R Wismansyah mengaku gembira melihat antusiame warganya dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. “Mari kita teladani nabi kita Muhammad SAW, mengikuti Sunnah ya, dan mari kita jalankan perintah Allah SWT yang disampaikan Baginda Nabi kepada kita umatnya,” ujarnya, saat melepas peserta kirab Maulid.


Ditempat yang sama, Ketua PC GP Ansor Kota Tangerang, Ahmad Sudarto mengatakan festival maulid merupakan ekspresi kecintaan warga Kota Tangerang kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Dia berharap, kegiatan festival yang diawali dengan kirab sambil membaca shalawat akan menjadi wasilah bagi warga kota Tangerang untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad. “Kami berharap kegiatan ini membawa dampak positif bagi masyarakat, meningkatkan keimanan, kecintaan, dan kemudian menjalankan sunnahnya beliau,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *