KlikJakarta – Malam Final Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia (DMAI) 2019 digelar di Jakarta, Senin (14/10/2019). Setelah proses seleksi selama enam bulan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah menentukan 20 finalis DAMI 2019 yang berasal dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, ke-20 finalis ini mengikuti masa orientasi selama satu minggu di Jakarta, di mana mereka dibekali dengan berbagai materi mengenai ASEAN. Pada malam puncak DMAI 2019 tersebut, ke-20 finalis bersaing dan unjuk gigi kemampuan mereka untuk menjadi Duta Muda ASEAN dari Indonesia.

Menlu Retno Marsudi yang turut hadir dalam Malam Final menyampaikan rasa bangganya terhadap pemuda dan pemudi yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang bersemangat dan peduli terhadap politik luar negeri Indonesia, khususnya ASEAN.

Di ASEAN Foreign Ministers’ Retreat di Chiang Mai, Thailand, pada Januari 2019 lalu, Menlu Retno menekankan pentingnya menjaga relevansi ASEAN di tengah perkembangan dunia yang sangat dinamis dengan melibatkan pemuda yang berjumlah 30% dari total populasi masyarakat ASEAN dan sekaligus pemimpin masa depan ASEAN.

Banyak negara ASEAN yang mengapresiasi inisiatif Indonesia dalam menyelenggarakan Pemilihan DMAI dan sebagai pionir atau lead country dalam kegiatan tersebut. Diharapkan negara ASEAN lainnya dapat mengikuti jejak Indonesia dengan mengadakan Pemilihan Duta Muda ASEAN di negara masing-masing.

“Sebagai pionir, Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia secara rutin setiap dua tahun sekali. Kami memilih anak-anak muda yang inovatif dan cerdas untuk bersama-sama melakukan diseminasi untuk masyarakat Indonesia mengenai ASEAN,” ujar Menlu Retno.

Menlu Retno selanjutnya menekankan pentingnya semangat dikobarkan melalui Pemilihan DMAI 2019 yang merupakan pelaksanaan mandat dari Presiden Joko Widodo.

“Sebagai negara terbesar di ASEAN, masyarakat Indonesia dalam posisi yang strategis untuk merasakan manfaat dari ASEAN. Dengan meningkatkan pemahaman tentang ASEAN, maka akan lebih terlihat dan terasa manfaat dari ASEAN serta relevansi ASEAN di kehidupan masyarakat akan meningkat. Diharapkan secara jangka panjang, rasa bangga menjadi bagian dari ASEAN akan tumbuh,” tandasnya.

Adapun juri pada Malam final DMAI 2019 adalah Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu Cecep Herawan, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Wulan Tilaar, dan Yuliana R Prasetyawati. (kln)