Pemerintah Menyiapkan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 Dengan Baik dan Detail

KlikJakrta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan Pemerintah telah menyiapkan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 dengan baik dan detail.

“Secara prinsip, Pemerintah melalui Kemendagri sudah menyiapkan dengan baik dan detail penganggaran di 270 daerah yang akan Pilkada di tahun 2020, termasuk anggaran keamanan, advokasi hukum, dan lain sebagainya,” ungkap Mendagri usai Rapat Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Meski dari 270 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada masih ada 92 daerah yang belum menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU dan 138 dengan Bawaslu, pihaknya menjamin anggaran pelaksanaan Pilkada akan teranggarkan dengan baik sesuai waktu yang ditetapkan.

“Kalau toh masih ada yang belum teken NPHD, hanya semata-mata untuk sinkronisasi. Tapi secara prinsip sudah ada 270 daerah yang teranggarkan,” katanya.

Ditambahkan Mendagri, untuk sementara pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 akan berpayung hukum Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi UU, sambil menunggu kepastian dari DPR periode 2019-2024 untuk merevisi UU tersebut atau tidak.

“Kami belum tahu untuk awal tahun depan ada skala prioritas untuk merevisi atau tidak. Kesimpulan rapat terakhir kami dengan KPU, Bawaslu, DKPP, dan Komisi II DPR (periode 2014-2019) adalah menyinkronkan kembali UU Pilkada, UU Pemilu, dan UU Parpol.┬áMudah-mudahan nanti masuk Prolegnas, karena kita ingin terus meningkatkan kualitas konsolidasi demokrasi ke depan,” pungkasnya. (dgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *