Keliling Kota Bogor Dengan Bus Uncal

KLIK, BOGOR – Bus wisata Uncal milik Kota Bogor, Jawa Barat, beroperasi lagi melayani masyarakat berwisata akhir pekan Sabtu dan Minggu, Bus Uncal diluncurkan pada malam pergantian tahun baru 2017. Sempat diujicobakan, dan mendapat respon positif dari masyarakat yang menunggu pengoperasiannya secara resmi.

Selama hampir satu setengah tahun operasional bus ini sempat tertunda karena proses izin yang harus melalui serangkaian pemeriksaan, dan kini bus berwarna biru seperti baju PERSIB itu sudah mengantongi surat perjalanan.

Sejak mengatongi izin, bus telah digunakan untuk kegiatan Pawai Budaya Helaran dan ‘torch relay’ Asian Games, Agustus lalu. Dan setelah 17 Agustusan, bus resmi dioperasikan untuk masyarakat umum.

Bus yang dirancang semi terbuka ini, beroperasi dengan rute keberangkatan dimulai dari Balai Kota, melintasi Istana Bogor , Jalan Sudirman , singgah di Taman Kencana , Tugu Kujang , Otista , lawang Suryakencana , dan kembali ke Balaikota Bogor.

Bus juga dilengkapi seorang pemandu wisata, yang akan menjelaskan setiap objek atau tempat-tempat bersejarah yang dilalui sepanjang perjalanan wisata.

“Kami menggandeng HPI sebagai pemandu wisata, selain menjelaskan indahnya wisata Kota Bogor, juga kami selipkan sosialisasi program pemerintah kota,” katanya.

Bus Uncal ini beroperasi dari jam 08.00 sampai 15.00 WIB, gratis dibuka setiap Sabtu dan Minggu. Masyarakat cukup datang ke Balai Kota jika ingin menikmati jalan-jalan keliling kota dengan bus lawas berwarna biru.

Selain itu, penampilan bus yang begitu elegan inipun sangat cocok untuk foto-foto dan instagramble. Jarak tempuh yang dilakukan kurang lebih 20 sampai 30 km, dengan lama waktu tempuh antara 30 menit sampai 45 menit.

Jimmy menambahkan, Dinas Perhubungan Kota Bogor telah memprogramkan bus wisata Uncal akan ditambah menjadi tiga unit. Penambahan dilakukan tahun 2019 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *