KEBAKARAN HUTAN DI GUNUNG CIREMAI KEMBALI TERBAKAR , HINGGA 75 HEKTARE

Hasil gambar untuk gunung ciremai kebakaran

KLIK, KUNINGAN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat. Lahan terbakar sekitar 75 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengaku kebakaran tersebut awalnya diketahui oleh masyarakat yang berada di Blok Sigiribig Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan pada selasa (29/10/2019).

Agus mengatakan, kepulan asap yang terlihat masih di tempat kejadian kebakaran pada bulan lalu.

Dengan kejadian ini, kata Agus, pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemadaman, apabila terus membesar.

untuk jalur pendakian Gunung Ciremai juga belum dibuka untuk umum setelah terjadi kebakaran kemarin.

Keempat jalur tersebut, yaitu jalur Apuy (Kabupaten Majalengka), Palutungan, Linggajati, dan Linggasana (Kabupaten Kuningan). Penutupan dilakukan sejak tanggal 7 Agustus 2019 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Pendaki jalur Apuy sebanyak 33 orang, telah berhasil dievakuasi pada pukul 01.25 WIB,” kata Budi saat dikonfirmasi.

Sementara, 23 pendaki lainnya dari jalur Palutungan masih dalam proses evakuasi.

Budi menyebutkan kondisi terkini api masih menyala dan menyebar ke arah utara. Adapun personel yang terlibat sebanyak 84 orang dari tim gabungan. Jalur pemadaman akan dilakukan dengan menggunakan empat jalur yakni jalur Apuy (Pos Utama), Sadarehe, Cikaracak, dan Bantaragung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *