Hujan Es dan Angin Kencang Melanda Bogor

Hujan deras dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/10/2019) sore.

Klik Bogor- Hujan es melanda beberapa wilayah di Kota Bogor. Fenomena alam ini beriringan dengan derasnya hujan yang turun sekitar pukul 15.20 WIB, Sabtu (26/10/2019).

Meski tidak berlangsung lama, butiran es batu hingga sebesar biji jagung turun dari langit tak urung membuat warga heboh. Warga memunguti butiran es kendati suara petir menggelegar bercampur hentakan butiran mengenai genteng rumah mereka.

Wawan Setiawan, warga Jalan Malabar, Kelurahan Tegallega, Kota Bogor mengaku hujan es berlangsung sebentar. Namun begitu, butiran es bertebaran di sekitar halaman rumahnya.

“Kita sempat mungutin butiran es yang masuk ke halaman rumah, terus langsung kita makan bareng-bareng anak-anak saya,” kata seraya menyebut butiran es yang turun dari langit berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Rustam, warga Pamoyanan, Kota Bogor mengaku merasakan hujan es. Kala itu, dia sedang dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil. Saat tiba di Jalan Pajajaran, mendadak ia mendengar suara benturan di atas mobilnya.

“Waktu itu hujan sangat deras disertai petir. Saya perhatikan ternyata suara itu akibat hujan es. Saya sempat takut kaca mobil pecah,” terangnya.

Namun fenomena cuaca ini cukup membuat warga heboh. akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di beberapa daerah dilaporkan tumbang.

Data sementara yang berhasil dihimpun di lapangan, pohon yang tumbang terjadi di Jalan MV Sidik, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Kemudian pohon tumbang memutus kabel PLN di Jalan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal. Kejadian ini menyebabkan akses jalan menuju Jalan Soleh Iskandar tertutup.

Selanjutnya, pohon tumbang terjadi di Jalan Bogor Baru, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah. Namun kejadian ini tidak sanpai menimbulkan kerusakan bangunan maupun menutup akses jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Pondok Rumput, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon tumbang menyebabkan ruas jalan itu tertutup dan aliran listrik ke rumah warga padam.

Terakhir, pohon tumbang terjadi tepat disamping Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat. Pohon tumbang menyebabkan kabel listrik milik PT PLN terputus.

Kepala BPBD Kota Bogor Juniarsih Estiningsih membenarkan sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah di Kota Bogor akibat hujan deras beriringan dengan angin kencang. Saat ini, anggota BPBD dan Damkar sedang melakukan evakuasi pohon tumbang di beberapa tempat.

“Petugas juga sedang mendata di lapangan, jadi belum tahu berapa jumlah pohon tumbang berikut ada atau tidaknya kerusakan bangunan,” kata dia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *