Shadow

Hari Sumpah Pemuda, satukan Bangsa dan Ajak Pemuda kreatif-Inovatif & Berinovasi

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 1928 sangat penting, karena dari Ikrar Sumpah Pemuda menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal itu dinyatakan Menpora usai menjadi Pembina Upcara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di Halaman Utama Kantor Kemenpora, Senin (28/10/2019) pagi dengan tema ‘Bersatu Kita Maju’.

“Ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 ini menyatukan kita semua para pemuda yang berasal dari berbagai latar belakang dan dari itulah yang membawa kita semua sampai dengan sekarang ini, tanpa Sumpah Pemuda belum tentu kita ada,” ujarnya didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Makna Sumpah Pemuda lanjutnya, sangat besar dan sangat dalam untuk semua elemen bangsa Indonesia termasuk pihaknya di Kemenpora. “Tantangan kita saat ini memang berbeda dengan yang dialami oleh para pemuda tahun 1928 tapi ada hal-hal yang saat ini relevan yakni menyatukan kita kembali menjadi satu bangsa dengan latarbelakang yang berbeda-beda,” tambahnya.

Menpora sampaikan tantangan pemuda saat ini sangat luar bisa baik di dalam negeri maupun di luar negeri, persaingan diantara bangsa-bangsa juga sangat luar biasa. “Para pemuda kita saat ini harus memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif dan berpikir ke depan jangan hanya jadi jago kandang harus mendunia, saya memiliki keyakinan bahwa pemuda kita bisa sama dengan negara lain,” tuturnya.

Namun, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate tentang peringatan hari sumpah pemuda agar anak-anak muda Indonesia tidak hanya menggunakan inovasi teknologi dan penemuan dari negara lain, namun justru mengambil peran sebagai inventor.

Terlebih, menurut Johnny, Indonesia memiliki bonus demografi hingga 2025 yang harus dimanfaatkan. “Lewat dari 2030, kita akan mulai memasuki era aging age nation, negara dengan usia yang agak tua, sekarang ini waktunya,” ujar Johnny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *