Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi Meresmikan Desa Berdaya Sehat di Halaman SMK Muhammadiyah, Kalimantan Barat

KlikJakarta –┬áSekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi meresmikan Desa Berdaya Sehat di halaman SMK Muhammadiyah, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (31/08/2019). Dalam kesempatan itu, Sekjen Kemenkes mengimbau kepada seluruh masyarakat di Desa Berdaya Sehat memperbanyak makan ikan.

“Saya mengimbau semua masyarakat (di Kalimantan Barat) untuk sehat dan mengkonsumsi ikan-ikan yang ada di sungai-sungai Kalimantan Barat ini,” kata Oscar Primadi saat meluncurkan Desa Berdaya Sehat.

Kementerian Kesehatan mendukung penetapan Desa Rasau Jaya 1, Kabupaten Kubu Raya sebagai Desa Berdaya Sehat. Program ini diinisiasi oleh Pemuda Muhammadiyah dengan program Gerakan Makan Ikan, Penyuluhan Kesehatan, Tabur Benih Ikan, dan Penanaman Pohon.

Sekjen Kemenkes menambahkan Desa Berdaya Sehat ini sudah sejalan dengan program yang dijalankan oleh Kemenkes terutama Puskesmas. Ia mencontohkan program yang sejalan dimaksud misalnya memastikan ibu hamil di wilayah tersebut melahirkan di fasilitas layanan kesehatan, memastikan bayi di daerah itu mendapatkan imunisas lengkap, memastikan bayi mendapatkan ASI secara eksklusif, kemudian Balita dipantau kesehatannya.

“Saya mengajak semua pihak untuk dapat melaksanakan program Desa Berdaya Sehat ini untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul yang akan membawa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang terdepan dalam segala hal pada tahun 2045,” katanya.

Selain itu, Sekjen Kemenkes juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama dalam pembangunan kesehatan yang sedang digalakkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Nursan mengatakan penyerahan bibit ikan kepada perwakilan warga dimaksudkan supaya masyarakat gemar makan ikan agar tidak ada anak gizi buruk maupun stunting.

Provinsi Kalbar saat ini memiliki 3.021 desa. Hanya ada satu desa mandiri yaitu Desa Kayong Utara, namun desa maju sudah lebih dari 100 desa.

:Kami lima tahun ke depan bekerja sama dengan TNI, Polri supaya punya 200 desa mandiri. Dalam satu tahun ini saya lihat data dari Kemendes sudah punya 86 desa mandiri dalam jangka satu tahun,” ucap Ria Nursan.

Ia menambahkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat konsen memajukan pembangunan perdesaan khususnya di wilayah terluar dan perbatasan, artinya membangun Indonesia dari pinggiran.(kes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *