Shadow

 Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) Kembali Digelar

KlikJakarta  – Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) kembali digelar. Kini, giliran Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, yang menjadi tuan rumah.

Pada agenda tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka stan yang memungkinkan masyarakat bisa mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT). Selain itu, sebanyak 20 inovator pelayanan publik juga membuka pameran dalam acara tersebut.

PKNRM yang digelar pada 19-21 September 2019 itu mengangkat tema “Revolusi Mental untuk Membangun Karakter Bangsa yang Kuat dan Ber-Bhineka Tunggal Ika dalam Bingkai NKRI”.

Pada hari pertama, pameran dibuka pada pukul 16.00 WIB. Sementara untuk hari kedua, 20 September 2019, pameran dibuka sejak pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

Dari pameran-pameran itu, masyarakat bisa melihat jejak nyata gerakan revolusi mental yang sudah tercermin dalam manajemen pemerintah, mulai dari rekrutmen para abdi negara hingga perbaikan layanan publik.

“Stan Kementerian PANRB dibuka untuk seluruh masyarakat. Terutama bagi yang berminat menjadi CPNS, silakan mencoba simulasi CAT,” ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Stan Kementerian PANRB ini bekerja sama dengan Ombudsman RI, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sejak tahun 2014, Gerakan Nasional Revolusi Mental terus berproses untuk menorehkan capaian yang positif pada perubahan cara pikir, cara kerja yang membawa perubahan, juga pada cara hidup berbangsa.

Hal ini dapat dilihat di antaranya melalui penyediaan pelayanan publik yang lebih transparan, tertib, dan pasti, perbaikan fasilitas pelayanan dan budaya pelayanan yang lebih baik, sinergitas program dan kebijakan pemerintah, serta pembangunan infrastruktur yang lebih merata dan berkesinambungan.

Kementerian PANRB selaku koordinator Gerakan Indonesia Melayani juga akan mengadakan acara rembuk nasional serta LAPOR! Goes to Campus.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR! akan disosialisasikan kepada mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pasalnya, mahasiswa sebagai agen perubahan dirangkul untuk peduli terhadap permasalahan pelayanan publik yang terjadi di sekitarnya.

Kegiatan LAPOR! Goes to Campus di Universitas Lambung Mangkurat merupakan yang kedua, setelah sebelumnya diadakan di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Direncanakan, Menteri PANRB Syafruddin akan memberikan kuliah umum pada acara LAPOR! Goes to Campus yang digelar hari ini, Kamis (19/9/2019).

Seperti di Undip, sepasang Duta LAPOR! juga akan dipilih dalam LAPOR! Goes to Campus di Universitas Lambung Mangkurat. Mereka bertugas menyosialisasikan pentingnya aplikasi LAPOR! untuk optimalisasi pelayanan publik.

Duta LAPOR! ini dipilih dari kalangan mahasiswa karena mereka mewakili kaum milenial yang tidak asing dengan perkembangan teknologi.

Adapun 20 Inovator yang Menggelar Pameran di PKNRM adalah sebagai berikut:

Kelompok Pertanian:

1. Pemprov Jawa Barat – Sistem Informasi Peta Peruntukan Lahan Perkebunan (Si Perut Laper)

2. Pemprov Jawa Timur – Kabinet Arabika

3. Pemkab Grobogan – Rumah Kedelai Grobogan

4. Pemkot Bandung – Mini Lab Food Security

5. Pemkab Hulu Sungai Selatan – Telat Berkemas

Kelompok Pendidikan:

1. Pemkab Pangkajene dan Kepulauan – Kelas Perahu

2. Pekot Tegal – Layanan dengan Inovasi Simultan Bagi Pengasong dan Masyarakat Lansia Terminal (Ladis Song Malam)

3. Pemprov D.I Yogyakarta – Sistem Perpustakan Terpadu Jogja Library for All

4. Pemkot Palembang – Layanan Pendidikan Formal Narapidana Anak di LPKA Klas 1 Palembang

Kelompok Kesehatan:

1. Pemka Gresik – Obati Tuntas Penderita TB MDR

2. Pemkab Lumajang – Blood Jek Si Pengawal Darah

3. Pemkab Sinjai – MLM Iva Sadanis: Satu Wanita Menyelamatkan Wanita Lainnya

Kelompok Pemberdayaan Masyarakat dan Tata Kelola Pemerintahan:

1. Pemkab Banyumas – Penanganan Cepat, Tanggap, dan Tuntas dalam Pendampingan Warga Miskin Penderita Penyakit Kronis

2. BNPB – Petabencana.id

3. Pemkab Tampin – e-Tamasa: Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi

4. Pemkab Kutai Kartanegara – Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam

5. Pemkab Luwu Utara – Atenatal Care Hipnoterapi

6. Pemkot Surabaya – Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda

7. Pemkab Banyuwangi – banyuwangi-mall.com

8. Pemkot Makassar – Laboratorium Inovasi Berbasis Kemitraan. (prb)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *