Anton Suratto Tinjau Program Kementrian PUPR di Ciderum

Bogor, – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Anton Sukartono Suratto melakukan pengawasan terhadap dua proyek Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, pada jum’at (02/08). Program pertama yang di cek langsung oleh Anton adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Desa Ciderum sendiri sudah menerima 30 unit program BSPS dan jelang akhir tahun akan ada 50 unit rumah lagi yang menerima program tersebut. Anton juga sempat berdiskusi di salah satu rumah warga yang menerima program BSPS bersama Kepala Desa Ciderum, Asep Hudri. Dirinya bertanya bagaimana kesiapan swadaya masyarakat yang menerima bantuan dan Asep Hudri memastikan bahwa semua warga Ciderum yang menerima program BSPS sudah siap dengan swadayanya. “Saya sangat berharap rumah yang masih dalam proses pembangunan bisa cepat selesai, kalau perlu satu bulan ke depan sudah selesai, nanti saya akan cek lagi,” ujar Anton.

Setelah itu, Anton melanjutkan pengawasannya ke proyek pembangunan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) masih di wilayah Desa Ciderum tepatnya menghubungkan Desa Ciderum ke Desa Pancawati. “Bantuan PISEW untuk Desa Ciderum ini sebesar Rp600 juta dan sudah turun tahap I. Pekerjaannya sedang dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat. Alhamdulilah cukup baik dengan ketebalan jalan beton 20 centimeter, lebar 2,5 meter, dan panjang 800 meter,” ujar Anton. Dirinya juga memastikan tidak ada masalah yang terjadi di proyek ini.

Politisi Partai Demokrat ini juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Bogor sendiri sudah 83 ruas jalan antardesa yang dibantu program PISEW, 5 jembatan, dan kurang lebih 10 ribu unit rumah yang diperbaiki melalui dorongan Anton ke Kementrian PUPR. Menurut Anton, jumlah anggaran sebetulnya masih kurang akan tetapi karena masyarakat sangat membutuhkan sehingga bergotong royong secara swadaya termasuk banyak yang menghibahkan tanahnya dari semula jalan setapak kini bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Kami mengharapkan dengan berbagai bantuan dari pemerintah ini kehidupan masyarakat akan lebih makmur dan mobilitas warga menjadi lebih lancar, cost produksi masyarakat akan menjadi lebih murah. Saya juga berharap masyarakat bisa merawatnya,” ujar Anton.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bogor Dapil III asal Partai Demokrat Abdul Jalil yang ikut mendampingi Anton bersama Kades Ciderum, mengucapkan terimakasihnya kepada masyarakat Desa Ciderum khususnya Kampung Batukembar yang telah mendukung dirinya dan Anton Suratto sehingga bisa kembali terpilih menjadi wakil rakyat sehingga dapat terus memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Mudah-mudahan ke depannya Partai Demokrat akan selalu dekat dengan rakyat,” ujar Jalil.
Pada acara tersebut, Anton juga melakukan santunan yatim untuk puluhan anak yatim piatu di Desa Ciderum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *