Hasil Rapat Pleno Kabupaten Bogor, Hanya 8 Parpol Lolos ke Senayan

Klik Bogor – Berdasarkan raihan suara partai yang sudah disahkan oleh KPU Kabupaten Bogor, hanya ada 8 parpol yang berhasil meloloskan calegnya ke Senayan.
Partai Gerindra menempatkan dua calegnya untuk duduk di DPR RI, dan berdasarkan perolehan suara Partai, Fadli Zon dan Mulyadi yang berhak mendapatkan kursi tersebut. Sedangkan 7 Partai lainnya, yaitu Golkar, PKS, PDI Perjuangan, PAN, PPP, Demokrat, dan PKB.
Berdasarkan urutan suara caleg, Golkar menjadi jatah Ichsan Firdaus yang meraih 64.240 suara, PKS menjadi milik Fahmi Alaydrus yang meraih 67.677 suara, PDI P menjadi jatah Adian Napitupulu yang meraih 80.288 suara, PAN milik Primus Yulistio, Demokrat milik Anton S Suratto dengan 55.634 suara, PPP milik Elly Rachmat Yasin 71.884 suara, dan PKB milik Tomy Kurniawan yang meraih 33.988 suara.

Rekapitulasi suara di KPU Kabupaten Bogor, merupakan yang terbesar untuk wilayah tingkat Kota dan Kabupaten di Indonesia. Sejumlah saksi dari Parpol memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Bogor yang telah melalui tahapan ini dengan baik. Namun demikian, KPU dan Bawaslu Kabupaten Bogor juga mendapat banyak kritikan dari peserta pemilu.

Saksi dari PDI Perjuangan, Rosenfield mengatakan, banyak sekali kesalahan teknis yang dilakukan oleh KPU akibat dari ketidakmatangan informasi di tingkat KPPS. “Saya sudah menyampaikan jauh hari agar diadakan Bimtek secara masif, karena dari pengalaman Pilkada yang hanya satu kertas suara kita banyak menyita waktu karena human error, apalagi Pemilu sekarang dengan lima kertas suara,” katanya

Ia juga mengkritik kinerja Bawaslu Kabupaten Bogor. Menurut Rosenfield, lemahnya pengawasan dan ketidaktegasan Bawaslu menjadikan pemilu saat ini masih diwarnai politik uang. Sebagai bentuk kekecewaan, Rosen memberikan satu amplop coklat kepada Bawaslu yang menurut dia berasal dari titipan Caleg yang kecewa karena maraknya politik uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *