Berita Server KPU Diretas oleh Komunis China Hanya Hoaks

Klik Jakarta – Beberapa hari belakangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selalu menjadi sorotan warganet. Bahkan, tidak jarang KPU menjadi korban informasi hoaks dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Subdit Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali menemukan beredarnya informasi hoaks terkait KPU, di mana disampaikan bahwa KPU diretas oleh Komunis China.

Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari Komisioner KPU, informasi yang menyebar luas di masyarakat itu tidak benar alias hoaks.

“KPU sudah mengklarifikasi kalau informasi seperti ini, beredar beberapa kali di masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih berhati-hati terhadap setiap informasi yang diterimanya,” kata Ferdinandus di Jakarta, Minggu (5/5/2019)

Sebelumnya, Komisioner KPU Viryan Azis memberikan keterangan resmi kepada salah satu media massa terkait unggahan di media sosial yang menyebutkan server KPU telah diretas oleh Komunis China.

Viryan Azis membenarkan bahwa memang ada upaya suatu pihak melakukan peretasan situs KPU, bahkan tidak hanya datang dari luar negeri, tetapi juga di dalam negeri.

“Hasil akhir Pemilu tidak didasarkan pada penghitungan oleh server milik KPU ini, apapun hasil dari Situng KPU hanya alat bantu, jadi tidak ada kaitannya dengan hasil pemilu akhir, maka informasi seperti ini, masyarakat dapat lebih berhati-hati lagi jika menerimanya,” jelas Viryan Azis. (

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *