Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Percepat Pengumuman SNMPTN 2019

Klik bandung – Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) mempercepat jadwal pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2019.

Diwartakan kompas.com, hal ini disampaikan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo melalui pengumuman resmi yang diterima, (17/3/2019).

Pengumuman seleksi jalur SNMPTN 2019 yang semula akan diumumkan pada tanggal 23 maret 2019 dipercepat menjadi hari Jumat, 22 Maret 2019 mulai  16.00 WIB.

Hal ini disebabkan karena proses seleksi sudah dapat diselesaikan lebih awal sekaligus memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lulus seleksi untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer di gelombang pertama.

“Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I,” jelas Budi.

Masih dengan sumber yang sama,Ketua LTMPT  Ravik Karsidi menginformasikan jumlah siswa eligibel (layak) untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah

“Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019 dan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran tercantum di laman www.snmptn.ac.id,” jelas Ravik.

Lebih jauh, Ketua LTMPT menjelaskan pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *