Penonton Dihimbau Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Film Keluarga Cemara Diputar

Klik Jakarta – Setelah mengeluarkan Surat Himbauan Nomor:1.30.1/MENPORA/I/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film, Menpora Imam Nahrawi langsung menerapkannya saat menonton film Keluarga Cemara di Studio 01 Djakarta Theater XXI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (31/1) malam.
Pada saat menonton film tersebut, sebelum dimulai Menpora mengajak seluruh penonton yang salah satunya adalah artis Nirina Zubir yang berperan menjadi Emak dalam film tersebut. Bahkan, para penonton begitu hikmat dan kompak ketika menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film dimulai.
Menpora memiliki alasan kuat untuk mengeluarkan surat yang mengajak para penonton bioskop untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam isi surat tersebut tertulis “Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya pemutaran film. Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih” tulis Menpora dalam surat tersebut.
“Himbauan ini yang sudah diedarkan, dalam waktu yang tidak lama sekitar 2,5 menit sebelum menonton kita menyanyikan Indonesia Raya, agar cinta kita kepada Merah Putih, cinta tanah air terus meningkat, apapun kita tetap Indonesia,” kata Menpora yang ikut didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh.
Keluarga sebagai tempat pertama pembelajaran diri untuk menuju kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Bila hal-hal positif sudah tertanam sejak dini dengan kesadaran peran masing-masing dalam keluarga dapat menjadi modal yang baik untuk proses kehidupan selanjutnya.
“Terima kasih, malam ini dapat nobar bersama para komunitas pemuda dan disabilitas, serta yang menggembirakan bersama Emak Nirina Zubir. Semoga usai menonton ini kita semua tergugah sebagai abah/ayah, emak/ibu, dan anak dengan perannya masing-masing, dimana dikala susah dan senang selalu bersama, inilah inti penguatan kepemimpinan keluarga,” kata Menpora
Menurut Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, momentum nobar film Keluarga Cemara ini menjadi kegiatan perdana forum kepemimpinan pemuda tahun ini. Diharapkan dengan film ini menyadarkan kita semua bagaimana membentuk kepemimpinan Indonesia yang kuat.
“Ini adalah ikhtiar kita, dengan menonton film ini diharapkan muncul kepemimpinan domestk pemuda ditengah tren broken home karena kurangnya menyadari peran masing-masing di keluarga,” kata Niam.
Sementara Nirina Zubir menyadari bahwa dalam peran baru sebagai Emak yang berbeda karakter dengan film/sinetron yang sebelumnya ia lakoni adalah sebuah proses pembelajaran menuju pendewasaan diri yang positif untuk dapat dipraktekan dalam kehidupan nyata.
“Terima kasih telah menonton Film Keluarga Cemara. Bagi saya pribadi, peran inilah menjadi sebuah proses pendewasaan diri untuk selalu tenang menghadapi segala sesuatu di tengah kehidupan berkeluarga,” katanya.
Hadir, Sesdep Pengembangan Pemuda Amar Ahmad, para pejabat Kemenpora dan beberapa perwakilan dari kementerian/lembaga, komunitas pemuda, dan komunitas disabilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *