Ini Program Pancakarsa Andalan Bupati Bogor Baru

Klik BOGOR – Demi mengawali karirnya sebagai Bupati Bogor periode 2018-2023 sejak dilantik pada 31 Desember 2018 lalu oleh Gubernur Jawa Barat,  Ade Yasin bakal menerapkan beberapa program. Salah satunya, melakukan konsolidasi internal dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  Kabupaten Bogor.

“Untuk pertama dalam tugas saya sebagai Bupati Bogor, saya akan melakukan konsolidasi internal guna memberitahukan program-program kepada seluruh SKPD,” kata Bupati Ade Yasin saat ditemui usai menggelar pertemuan dengan seluruh wartawan Bogor di RM Bumi Aki, Jumat (04/1) malam lalu.

Bupati melanjutkan, pemaparan program dalam rapat internal itu dimaksud agar seluruh kepala SKPD dapat mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi program andalan dirinya sewaktu kampanye di pilkada 2018.

“Saya sosialisasikan dulu program saya ini agar semua unsur muspida dan masyarakat Kabupaten Bogor bisa paham, bahwa program-program itu harus berkaitan dengan program yang saya kampanyekan kepada masyarakat Kabupaten Bogor kaitan program pancakarsa,” jelas Bupati Ade.

Wanita yang kerap disapa AY ini juga menambahkan, sebagian program Pancakarsa itu telah diterapkan kepada masyarakat saat kampanye. Program lainnya akan dilanjutkan setelah dirinya dilantik, karena tentu saja membutuhkan kebijakan-kebijakan dari seorang pemimpin.

Adapun, maksud program Pancakarsa yakni: Bogor Membangun, meliputi Pemanfaatan infrastruktur jalan dengan prioritas betonisasi, penuntasan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), satu kecamatan satu taman/ruang terbuka hijau dengan fasilitas internet gratis.

Bogor Cerdas, meliputi sarana dan operasional pendidikan gratis melalui Kartu Bogor Cerdas, sertifikasi daerah dan insentif untuk guru honorer, termasuk guru Madrasah dan guru PAUD.

Bogor Maju, meliputi peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dalam rangka optimalisasi layanan public, penciptaan Iklim Investasi yang nyaman dalam rangka perluasan lapangan kerja, penanggulangan masalah pengangguran dan kemiskinan melalui pengembangan permodalan dan pemasaran bagi wirausaha baru, UMKM serta pengembangan industri pariwisata berbasis masyarakat, dan pemberdayaan petani dengan bantuan permodalan melalui kartu tani.

Selanjutnya Bogor Sehat yang meliputi, Pelayanan kesehatan gratis melalui Kartu Bogor Sehat, pembangunan dan peningkatan fasilitas pelayanan RSUD, pengembangan puskesmas rawat inap di setiap kecamatan, dan peningkatan kesejahteraan pelaku layanan sosial dan kesehatan.

Kemudian Bogor Beradab, meliputi peningkatan bantuan operasional pesantren, masjid, mushola, ormas islam dan majelis ta’lim dan mengoptimalkan islamic center, peningkatan Insentif bagi para pelaku pembangunan RT/RW, amil, linmas, kader posyandu, marbot dan guru ngaji dan peningkatan Kerukunan hidup antar umat beragama.

“Jadi ada 5 program yang dimaksud dalam program Pancakarsa, dan setelah saya menjadi Bupati diawal tahun, satu persatu akan saya terapkan apa yang telah menjadi visi misi kami sebagai Bupati Bogor periode 2018-2023,” tegasnya.

Tak lupa, sambung AY, pihaknya mengajak seluruh unsur serta insan pers untuk mengawal seluruh programnya dalam seratus hari kerja dirinya sebagai Bupati Bogor.

“Ayo saya mengajak semua seluruh lapisan, mulai dari Muspida, para tokoh, dan rekan-rekan media dalam mengawal  program 100 hari kerja saya kedepan,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *