Wakil Bupati Sukabumi Buka Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh 2018

Klik Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi (Wabup) H.Adjo Sardjono secara resmi membuka Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan ke tiga di Balai Pinton Panenjoan Taman Jaya – Ciemas. Sabtu (15/12).

Dalam sambutannya Wabup menjelaskan bahwa keragaman kekayaan alam dan seni budaya yang berlimpah merupakan sumber daya alam yang harus terus di kembangkan sehingga berdampak kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Manfaatkan kawasan geopark ini dengan kegiatan peningkatan ekonomi seperti jualan souvenir, membuka homestay atau kegiatan lainnya, karena  pemerintah membangun geopark itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan pendapatan ekonomi masyarakat dengan sektor pariwisata,” jelasnya

Wabup berharap dengan pagelaran seni budaya seperti ini, masyarakat bisa terus mempromosikan pariwisata yang ada di kabupaten sukabumi dan sekaligus mempertahankan kearipan budaya lokal yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Tantangan kita bersama yaitu untuk terus mempromosikan potensi-potensi pariwisata yang ada di wilayah kabupaten  geopark, pelihara dan lestarikan segala bentuk pariwisata yang sudah ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Endang selaku ketua Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI) dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari di selenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk melestarikan dan menjaga nilai-nilai kebudayaan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kita selenggarakan kegiatan ini yaitu dalam rangka untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan lokal yang ada di kabupaten sukabumi khususnya kebudayaan yang masuk di kawasan geopark, lamun hente ku urang arek ku saha deui (kalo tidak sama kita mau sama siapa lagi),” ungkapnya.

Endang pun menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan para penggiat seni kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Alhmdulilah, rekan-rekan dari berbagai sanggar seni sekabupaten sukabumi turut hadir untuk  memeriahkan acara ini,” pungkasnya.

Pagelaran seni dan budaya ciletuh sabilulungan yang ke 3 ini di isi dengan berbagai macam pentas kegiatan yang di antaranya penanaman 1000 pohon, pagelaran seni dan budaya, talk show kesenian, kesenian sukabumi, band ferpormance, penganugrahan karya, Lomba mewarnai, gambar kesenian sukabumi, guyang sabilulungan serta masih banyak lagi kegiatan yang akan di pentaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *