PUBLIKASI KINERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BOGOR SEMESTER II TAHUN 2018

 

 

P E M E R I N T A H  K A B U P A T E N  B O G O R
SEKRETARIAT DAERAH

JALAN TEGAR BERIMAN TELP. (021) 8754528 – 8754529 – 8754530, FAX 8754526
E-Mail: umumsetda@bogorkab.go.id. CIBINONG – 16914

 

 

PUBLIKASI KINERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BOGOR SEMESTER II TAHUN 2018

Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor yang dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Bogor Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah. Berdasarkan ketentuan ini, tugas pokok dari Sekretariat Daerah adalah membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif. Dalam menyelenggarakan tugas tersebut, Sekretariat Daerah

Pada semester II Tahun 2018, Kegiatan Sekretariat Daerah sesuai dengan fungsi antara lain sebagai berikut:

Pengoordinasian Penyusunan Kebijakan Daerah dan Kerjasama Daerah

Dalam melaksanakan fungsi fasilitasi penyusunan kebijakan daerah, Sekretariat Daerah sampai dengan bulan Nopember 2018 Sekretaris Daerah telah menghasilkan 9 Peraturan Daerah, 69 Peraturan Bupati dan 400 Keputusan Bupati.

Selain itu, Sekretariat Daerah juga memiliki program kegiatan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dengan 2 kali penyuluhan, Rapat Koordinasi RANHAM  1 kali, Kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu di 31 Desa/Kelurahan di 26 Kecamatan dan melaksanakan penilaian Desa Sadar Hukum. Sebagai Desa Sadar Hukum di Kabupaten Bogor pada tahun 2018.

 Dalam  Pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah Sekretariat Daerah juga memfasilitasi kerjasama, baik dengan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Ada dua bentuk kerjasama, yakni Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama.

Pada Tahun 2018, Out Put dari kegiatan Fasilitasi Kerjasama Antara Daerah dalam penyediaan pelayanan publik (Mou) dengan target  6  (enam) Dokumen kesepakatan bersama dan terlaksana sebanyak 7 (tujuh) dokumen KB untuk kegiatan Fasilitasi Perjanjian Kerjasama (PKS) Antar Dinas/Instansi target  6 (enam) Dokumen terlaksana 10 (sepuluh) Dokumen, terdiri 6 Dokumen PKS sesuai target , 4 Dokumen PKS di luar sasaran.

Adapun dalam kaitanya dengan kerjasama non pemerintahan, sampai dengan bulan nopember 2018 sudah dihasilkan 20 (dua puluh) dokumen, Kesepakatan Bersama dengan Pihak Ketiga. Perjanjian kerjasama yang dihasilkan 19  (sembilan belas belas) dokumen, Perjanjian Kerjasama yang telah dilaksanakan dengan pihak Ketiga.

Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah

Salah satu fungsi Sekretariat Daerah adalah melaksanakan fasilitasi pembangunan bidang agama, mengingat tidak ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang secara khusus menangani pembangunan bidang keagamaan karena pengelolaannya berada dalam kewenangan instansi vertikal Kementerian Agama. Khusus dalam kaitannya dengan pembangunan bidang keagamaan ini, misi Pemerintah Kabupaten Bogor Tahun 2013 – 2018 adalah Meningkatkan Kesalehan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat, sebagai indikator dari hasil pertemuan tersebut maka dalam Perda Nomor 4 tahun 2017 tentang perubahan atas perda Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tertuang di dalamnya, penciri termaju antara lain Terbangunnya Masjid Besar di setiap kecamatan (40 kecamatan).

Pada tahun 2013 telah terealisasi sebanyak unit mesjid besar kecamatan, pada tahun 2017 telah terealisasi sebanyak 20 mesjid besar kecamatan dan pada tahun 2018 telah terealisasi sebanyak 10 mesjid besar kecamatan dan sisanya 1 mesjid besar kecamatan Sukajaya masih proses di Dinas PUPR.

Selanjutnya, pembangunan bidang keagamaan juga berkaitan dengan upaya penguatan aqidah. Upaya termaksud antara lain dilakukan dengan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Pada tahun ini, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-41  Tingkat Kabupaten Bogor dilaksanakan pada tanggal  23 sampai dengan 26 Oktober 2018 bertempat  di Kecamatan Cariu  dengan memperlombakan kategori: Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Khat, Makalah ilmiah Al-Qur’an, Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an.  Event ini menghasilkan juara umum dari Kecamatan Cibinong. Seluruh peserta terbaik I hasil Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-41 Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018 tersebut selanjutnya akan dibina oleh LPTQ Kabupaten Bogor dan dipersiapkan untuk diikutsertakan pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Sebelumnya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVII Tingkat Nasional Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober sampai dengan 12 Oktober 2018 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Kementerian Agama dan LPTQ Kabupaten Bogor telah mengikuti kegiatan tersebut dan memberikan dukungan kepada peserta Qari’ dan Pembina Kabupaten Bogor yang mewakili Kafilah MTQ Provinsi Jawa Barat pada pelaksanaan MTQ XXVII Tingkat Nasional Tahun 2018 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.Pada pelaksanaan MTQ Nasional Tahun 2018, Kabupaten Bogor mengirimkan 2 (dua) orang Qori’  dengan raihan prestasi sebagai berikut:

  • Reza Maulana, Cabang Tilawah Remaja Putra  : Terbaik III
  • Ihsan Ramadhan, Cabang Tilawah Anak-anak putra: Terbaik III

Mengingat momentum pembukaan MTQ tersebut bertepatan juga dengan Peringatan Hari Santri Nasional, maka pelaksanaannya diintegrasikan dengan acara penyerahan penghargaan Ecopontren Award. Penghargaan ini diberikan kepada pondok pesantren yang memuat diantara aspek kebijakan (tertuang dalam visi-misi), aspek kurikulum (yang tertuang dalam kegiatan mengajar), dan aspek pengamalan warga pondok pesantren yang terintegritas satu dengan yang lainnya.Indikator tersebut antara lain visi, misi dan mottonya memberikan perhatian terhadap aspek lingkungan, baik dalam bentuk pola kemitraan dengan lembaga-lembaga yang concern terhadap pemeliharaan lingkungan serta menerapkan kurikulum berbasis kesehatan dan keasrian lingkungan, termasuk pola hidup bersih dan sehat. Untuk kategori Pesantren Salafiyah (Tradisional), juara pertama diraih Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al-I’tisom Desa Leuwisadeng Kecamatan Leuwisadeng, sedangkan untuk kategori Pesantren Kholafiyah (Modern) juara pertama diraih Pondok Pesantren Ilmu Al Qur’an (PPIQ), Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas.

Masih dalam kaitannya dengan pembinaan kehidupan beragama, Sekretariat Daerah juga memfasilitasi penyelenggaraan Ibadah Haji. Adapun jumlah Jamaah Haji Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2018 berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama dan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor adalah sebanyak 3.439 orang/jamaah dengan dibagi menjadi 14 kloter. Untuk menunjang kelancaran ibadah haji, Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor telah memfasilitasi transportasi untuk Jamaah Haji Kabupaten Bogor berupa bus dan truk barang dari Cibinong ke embarkasi haji Bekasi dan dari debarkasi haji ke Cibinong. Bis angkutan yang disediakan  88 unit, baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan. Angkutan barang bawaan jemaah 12 unit, baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan, dilengkapi dengan fasilitasi jasa porter (pengangkut barang) di embarkasi Bekasi per jemaah haji, baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan.

Pada setiap jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dilengkapi dengan bus cadangan dan tim storing sebagai tindakan preventif apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, dalam penyelenggaraan ibadah haji di tanah suci, jemaah didampingi oleh 9 orang Tim Pembimbing Haji dan 2 orang Tim Kesehatan Haji Daerah.

Selanjutnya, Setda juga menyelenggarakan Program Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS/M) adalah bentuk kegiatan pembinaan manusia secara terpadu, terkoordinir dari lintas sektor instansi dan lintas program yang dilakukan secara sadar, berencana, terarah dalam rangka menanamkan pengetahuan, sikap dan membentuk perilaku hidup sehat bagi generasi muda usia sekolah yang berada di lingkungan sekolah/madrasah, lembaga pendidikan non formal, perguruan agama dan atau pesantren sedini mungkin yang diharapkan dapat melahirkan generasi sehat, cerdas, sejahtera, berkualitas daya saing yang mumpuni dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dilandasi oleh akhlak mulia atas dasar ajaran Tuhan Yang Maha Esa.

Hasil dari Kegiatan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018  sesuai dengan penetapan Bupati Bogor No. 421/240/Kpts/Per-UU/2018. Sebagai berikut:

Untuk kategori TK/RA juara I diraih oleh sekolah TKIT Islam Insani Cendikia Kecamatan Bojonggede, kategori tingkat SMP/Mts juara I diraih oleh SMPN1 Bojonggede Kecamatan Bojonggede sedangkan untuk kategori tingkat SMA/MA juara I di raih oleh SMAN1 Cibungbulang Kecamatan Cibungbulang

Pelayanan  administratif  dan  pembinaan  aparatur  sipil negara di lingkungan pemerintah daerah

Kegiatan Inovasi Pelayanan Publik dan Penguatan Aparatur Sipil Negara

Dalam rangka percepatan reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik dan sejalan dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, terutama dalam melaksanakan evaluasi kinerja serta dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Pemerintah Pusat mencanangkan gerakan wajib One Agency, One Innovation (satu instansi satu inovasi) yang artinya setiap Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah wajib memiliki minimal 1 (satu) inovasi pelayanan publik sebagai upaya mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan publik secara kompetetif.

Pemerintah Kabupaten Bogor ikut serta dalam mengikuti kompetisi inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan berhasil meraih 2 (dua) penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik, antara lain:

  1. Dinas Perhubungan dengan judul inovasi SIKEREN (SISTEM PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR)
  2. RSUD Ciawi dengan judul inovasi UTILASI DASHBOARD (OPTIMALISASI KETERSEDIAAN TEMPAT TIDUR UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN RAWAT INAP YANG OPTIMAL)

Penganugrahan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Bupati Bogor.

 Sosialisasi Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor Tahun 2018,  diikuti oleh 100 orang peserta, terdiri dari para Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian serta pejabat pengelola kepegawaian pada Perangkat  Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kegiatan sosialisasi ini pada dasarnya merupakan perwujudan komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menerapkan kebijakan dan manajemen ASN yang didasarkan pada sistem merit dengan terlebih dahulu membekali para pengelola kepegawaian dengan pengetahuan teknis dan tata cara penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara berdasarkan PERMENPAN RB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Tiga misi penting yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor saat ini, yakni Pertama, meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur berbasis kompetensi; Kedua, meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian dan pengelolaan data kepegawaian berbasis teknologi informasi; dan Ketiga, meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara.

Pengadaan Barang dan Jasa

Setda juga memfasilitasi ULP-PBJ yang dilaksanakan oleh Bagian Pengadaan Barang/Jasa sesuai Perbup Nomor 3 tahun 2017 Kepala ULP secara ex-officio  dijabat oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Pada tahun 2018 hingga 20 November 2018, total permohonan pelelangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah sebanyak 984 kegiatan dari 33 SKPD dengan pagu anggaran Rp 1.183.320.994.078,- dengan rincian sebagai berikut:

No Kegiatan Jumlah Kegiatan
1 Pengadaan Barang 130
2 Pekerjaan Kontruksi 682
3 Jasa Konsultasi 117
4 Jasa Lainnya 55
JUMLAH 984

Progres pelelangan dari 984 permohonan, telah selesai 940 lelang dengan Pagu Rp. 1.121.979.269.330 dengan hasil penetapan penawaran Rp. 973.3893582.360,- sehingga terdapat efisiensi sebesar Rp. 148.589.686.970,- (13,24%).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *