Pemerintah Bantu Identifikasi Korban Tsunami Sela Sunda dan Terbitkan Dokumen Kependudukan

Klik Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil menerjunkan tim ke lokasi bencana Tsunami di Selat Sunda. Menurut Keterangan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar, Tim tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan Polri dan Pemerintah Daerah setempat untuk mengidentifikasi korban dan membantu menerbitkan dokumen kependudukan.

“Tim Dukcapil Kemendagri akan membantu Tim DVI dan Inafis untuk mengidentifikasi korban sekaligus membantu menerbitkan dokumen korban yang hilang”, kata Bahtiar di Jakarta, Senin (24/12/2018)

Bahtiar menambahkan, setiap korban yang telah teridentifikasi akan langsung diterbitkan  akta kematian oleh Tim Dukcapil Kemendagri. “Penerbitan akte kematian bagi korban meninggal yang telah teridentifikasi sebagai wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat”, jelas Bahtiar.

Dalam pelaksanaanya nanti, Tim Dukcapil akan membuka posko di tiga lokasi. “Tiga posko yang akan kami buka adalah Posko di Dukcapil Serang, Dukcapil Pandeglang, dan Dukcapil Lampung Selatan”, tukas Bahtiar.

Bahtiar berharap, respon yang diberikan oleh Kemendagri ini akan sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena bencana tsunami. “Kami atas nama Kemendagri berharap semoga bantuan yang kami berikan akan sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena bencana”, tutup Bahtiar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *