Kontingen Sulawesi Selatan Raih 8 Emas di kejuaraan BIMPNT-EAGA Brunei Darussalam

Klik Bandar Seri Begawan – Kontingen Sulawesi Selatan berhasil meraih 8 medali emas, 18 medali perak dan 15 medali perunggu di kejuaraan BIMPNT-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia Philippines, and Northern Territory-East ASEAN Growth AreaFriendship Games yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. 

Terkecuali boling padang, Sulsel mengikuti hampir semua cabang olahraga yang dikompetisikan yaitu pencak silat, sepak takraw, renang, taekwondo, atletik, wushu dan karate.

Raihan medali emas, perak dan perunggu disumbang oleh cabang olahraga renang, lari, pencak silat, karate, dan sepak takraw. Di samping itu, raihan perak dan perunggu juga disumbang oleh cabang olahraga taekwondo.

Selain Sulsel, BIMPNT-EAGA juga diikuti oleh Sulawesi Barat yang hanya mengikuti cabang karate dan memperoleh satu medali perak di karate kata tunggal putra.

Hingga akhir kompetisi, Sulawesi Selatan menempati posisi ke-5, setelah Mindanao, Northern Territory dan Brunei Darussalam.

Sementara puncak klasemen perlombaan diduduki oleh Sabah dengan total raihan medali sebanyak 23 emas, 17 perak dan 15 perunggu. 

Duta Besar RI di Bandar Seri Begawan, Dr. Sujatmiko, MA, turut hadir dan memberikan semangat bagi para delegasi.

“Saya harap performa atlet kita di Brunei kali ini dapat menambah pengalaman atlet-atlet kita untuk kompetisi internasional lain seperti SEA Games dan Asian Games” ucap Dubes Sujatmiko dalam acara ramah-tamah dengan kontingen Indonesia di KBRI Bandar Seri Begawan, 9 Desember 2018.

Kompetisi BIMPNT-EAGA Friendship Games juga dihadiri oleh Bapak Jufri Rahman sebagai Chairman BIMPNT-EAGA Sport Council baik dalam sesi pembukaan oleh Menteri Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei, Dato Aminudin Ihsan, maupun sesi penutupan oleh Deputi Menteri Energi, Tenaga Kerja dan Industri, Awang Haji Matsatejo.

BIMPNT-EAGA Friendship Games adalah perhelatan olahraga biennial/dwi tahunan antara provinsi/kawasan Indonesia, Brunei, Malaysia, Filipina dan Australia.

Dalam kompetisi tahun ini, tercatat 9 kawasan yang mengirim kontingen yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sabah, Northern Territory, Mindanao, Sarawak, Labuan, Palawan dan dua tim dari tuan rumah (Brunei). BIMPNT-EAGA Friendship Games selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2020 di Davao city, Filipina.​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *