Kaum Milenial, Dengarkan Apa Kata Menhub Soal Safety Riding

Klik Palembang – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memberikan tiga kunci keselamatan dalam berkendara kepada generasi milenial. Hal tersebut disampaikan pada acara Talk Show ‘Millenial Connected’ dengan tema Saatnya Generasi Millenial Saling Terhubung Membangun Bangsa di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/12).

Tiga kunci atau syarat penting dalam berkendara yaitu menggunakan helm, mengatur kecepatan dengan baik dan memastikan kondisi motor bagus. Menhub juga menegaskan untuk menggunakan helm harus sampai klik.

“Kemenhub ingin safety riding menjadi satu bagian yang penting dalam berkendara. Syaratnya mudah untuk mengendari motor itu, ada tiga yaitu harus pakai helm, mengatur kecepatan dengan baik atau kurangi kecepatan ketiga pastikan motor itu bagus,” ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan jika berkendara merupakan kegiatan sehari-hari juga hobi bagi sebagain kalangan. Hanya saja masih ada yang belum melakukan kegiatan tersebut dengan baik.

Maka dengan menggelar acara tersebut Menhub berharap dapat menggandeng komunitas-komunitas itu menjadi bagian dari Kementerian Perhubungan dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Pasalnya untuk menarik generasi milenial perlu adanya pendekatan seperti diskusi.

“Berkendaraan atau riding ini adalah suatu kegiatan sehari-hari juga hobi. Tapi tidak semuanya mereka melakukan hobi itu dengan baik. Oleh karenanya untuk pertama kalinya kita bersama-sama supaya mereka itu menjadi bagian kita. Setelah menjadi bagian kita baru kita ajak bicara yang umum setelah itu kita beritahu mana yang sebenarnya untuk menjadi pengendara yang baik,” Jelas Menhub.

Menurut data dari Kepolisian penyebab kematian nomor dua di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Namun menggunakan helm dengan benar dapat mengurangi 40% resiko kematian akibat kecelakaan.

Di Indonesia sendiri angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor mencapai 72%. Kecelakaan lalu lintas mayoritas dialami oleh generasi millenial. Kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh usia 20-29 tahun sebesar 13.441 orang pada tahun 2017. Sedangkan peringkat kedua usia 10-19 tahun yaitu 8.906 orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan perlu adanya sosialisasi kepada generasi millenial sehingga mereka tidak melakukan perbuatan yang salah dalam berkendara.

“Ya, millenial ini kan kalau ada kecelakaan lebih dari 70 persen ini millenial. Pengendara motor yah, oleh karenanya mereka perlu tah supaya jangan melakukan perbuatan yang dia tidak sadari kita menyarankan mereka,” tutur Menhub.

Dalam acara tersebut Menteri Perhubungan bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Walikota Palembang Harnojoyo, dan komunitas motor juga melakukan city riding dari Benteng Kuto Besak menuju Guns Cafe dan Resto. Terlihat Menhub mengenakan jaket jins ala Presiden Joko Widodo yang bermotif peta Indonesia lengkap dengan sepatu sneakers warna biru dongker membuat tampilan Menhub menjadi lebih sporty.

Selain itu Menhub juga membagikan 30 helm kepada pengendara motor dari 16 komunitas di Guns Cafe dan Resto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *